Perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan

Otak manusia terdiri atas dua bagian yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Otak bagian kanan berfungsi mengontrol kegiatan-kegiatan non verbal dan persepsi ruang. Otak bagian kiri berfungsi mengontrol bahasa, analisa, kemampuan bicara, dan kemampuan berhitung. Kedua bagian otak tersebut mengontrol emosi, tapi yang kanan menangani persepsi dan kiri menerangkannya dengan kata-kata.
Area terpenting otak yang perlu diketahui dalam mengenali kekuatannya adalah sereberum yang terdiri dari otak kiri dan otak kanan.
Karakteristik otak kanan
Otak kanan bersifat global, acak, konkret, intuitif, non verbal, dan imajinatif. Orang yang memiliki otak kanan yang dominan biasanya menyukai gambar, presentasi yang melibatkan visualisasi, imajinasi, dan intuisi. Mereka kebanyakan lebih cepat mengenal wajah seseorang daripada namanya.
Karakteristik otak kiri
Otak kiri bersifat teratur, penuh perhitungan, logis, verbal, dan berdasarkan dunia nyata. Seseorang yang memiliki otak kiri yang dominan biasanya mampu menyerap informasi logis dengan mudah, karenanya mereka kebanyakan tidak mengalami kesulitan dalam belajar dan seringkali berprestasi dan cocok pada hal-hal yang bersifat ilmiah.
Oh ya,, ada cara sederhana untuk mengetahui bagian otak anda yang dominan,, perhatikan gambar berikut.
Perhatikan arah putaran kucing itu. jika putarannya ke kanan, berarti bagian otak anda yang dominan adalah otak bagian kanan, dan sebaliknya ika putarannya ke kiri, berarti bagian otak anda yang dominan adalah otak bagian kiri.


0 komentar to "Perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan"

Posting Komentar