Film kartun yang dinilai sehat


London, Anak-anak sangat menggemari film kartun sehingga mudah terpengaruh oleh isi ceritanya. Scooby Doo, film kartun tentang anjing pemburu hantu dinilai memberi pengaruh paling positif bagi anak karena para tokohnya tidak malas bergerak.

Penilaian ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan Inggris, yang sekaligus menobatkan Scooby Doo sebagai kartun paling sehat untuk anak. Kartun-kartun populer lainnya seperti Tom and Jerry, Dora the Explorer dan SpongeBob SquarePants bahkan tidak masuk dalam 5 besar.

Tim dari Kementerian Kesehatan Inggris merilis peringkat film kartun paling sehat setelah melakukan pengamatan terhadap sejumlah film kartun yang populer di kalangan anak-anak. Total durasi pengamatan adalah 200 jam, lalu dijaring 20 besar film paling sehat dan 20 tokoh kartun paling sehat.

"Tiap karakter dinilai berdasarkan seberapa sering melakukan aktivitas fisik lalu diberi nilai lebih untuk perilaku yang baik seperti jalan-jalan dan olahraga," tulis Kementerian Kesehatan Inggris dalam rilisnya, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (14/8/2011).

Dari seluruh film yang diamati, Scooby Doo mendapatkan skor tertinggi dalam arti paling banyak menampilkan aktivitas fisik dan gaya hidup sehat. Di film ini, 4 tokohnya yakni Scooby Doo, Daphne Blake, Shaggy dan Freddie Jones mendominasi peringkat 5 besar tokoh kartun paling sehat.

Sebagai anjing yang digambarkan sangat penakut, Scooby Doo memang sering melakukan aktivitas fisik khususnya berlari. Setiap ada suara atau penampakan yang mencurigakan, anjing ini langsung lari terbirit-birit untuk minta gendong pada Shaggy, partnernya yang sama-sama penakut.

Meski begitu, para pengamat memberi catatan pada kebiasaan buruk Scooby Doo yang gemar ngemil makanan kecil kesukaanya yakni Scooby Snax. Karena itu, Scooby Doo hanya menempati urutan kedua untuk penilaian individual masing-masing tokoh kartun.

Peringkat pertama untuk penilaian individual diraih oleh Sportacus, tokoh utama di film kartun Lazy Town. Selain sering olahraga, Sportacus dinilai banyak mengonsumsi buah dan sayuran dalam makan kesukaannya yang diberi nama Sports Candy. Kebiasaan ini sebagai contoh yang baik bagi anak-anak.

Selengkapnya, berikut ini daftar 20 film kartun paling sehat versi Kementerian Kesehatan Inggris:

- Scooby Doo
- Shaun the Sheep
- Lazy Town
- Peppa Pig
- Bob The Builder
- Tom and Jerry
- Dora the Explorer
- Looney Tunes
- SpongeBob Squarepants
- In the Night Garden
- Ben 10
- The Simpsons
- Phineas and Ferb
- The Sarah Jane Adventures
- Tracey Beaker
- Postman Pat
- iCarly
- Horrid Henry
- Garfield
- Charlie and Lola.

Sedangkan 20 besar tokoh kartun paling sehat berdasarkan penilaian individual adalah sebagai berikut:

- Sportacus (Lazy Town)
- Scooby Doo (Scooby Doo)
- Daphne Blake (Scooby Doo)
- Shaggy (Scooby Doo)
- Freddie Jones (Scooby Doo)
- Stephanie (Lazy Town)
- Jerry (Tom and Jerry)
- Peppa Pig (Peppa Pig)
- Tom (Tom and Jerry)
- Velma Dinkley (Scooby Doo)
- George Pig (Peppa Pig)
- Shaun (Shaun the Sheep)
- SpongeBob (SpongeBob Squarepants)
- Boots the Monkey (Dora the Explorer)
- Ziggy (Lazy Town)
- Igglepiggle (In the Night Garden)
- Dora Marquez (Dora the Explorer)
- Wile E Coyote (Looney Tunes)
- Patrick Star (SpongeBob Squarepants)
- Scoop (Bob the Builder).


0 komentar to "Film kartun yang dinilai sehat"

Posting Komentar